Tuesday 30 November 2010

Day #9 : Teman dan Tesis

Saat ini saya sedang mengalami kesulitan dengan tesis magister saya.
Pemodelan dengan bantuan software yang saya lakukan, hasilnya tak kunjung memuaskan.
Jika saya set untuk kalkulasi otomatis, hasil dari model saya tidak kunjung konvergen seandainya pun konvergen, akan ada error message yang menyatakan model saya melampaui persyaratan yang ada.

Awalnya saya iseng tanya-tanya ke teman seangkatan s2 saya yang sekarang ini sudah jarang kuliah karena kerja di Jakarta. Lalu dia bilang, ada teman seangkatan saya waktu s1 yang pekerjaannya memang berkutat di bidang yang sama dengan tema tesis saya.

Akhirnya saya pun mengontak dia dan kami banyak berdiskusi. Saya juga merasa sangat bersyukur sekali karena teman saya itu rela meluangkan waktunya untuk berdiskusi mengenai tesis saya disela-sela kesibukannya, apalagi saya tahu bahwa kantornya baru saja mendapatkan proyek besar dimana dia terlibat didalamnya.

Dari diskusi-diskusi tersebut, saya mendapatkan sedikit gambaran tentang apa yang harus saya lakukan. Memang semua itu harus dimulai lagi dari awal. Kembali ke fase desain, padahal sebelumnya desain saya sudah di acc oleh promotor (dosen pembimbing) saya. Tapi bagi saya semua itu bukan masalah, karena yang penting tesis magister saya bisa saya rampungkan dengan hasil yang memuaskan.

No comments: