Monday 12 July 2010

Kegagalan Bukan Akhir Dari Segalanya

Michael Jordan, seorang living legend dari dunia bola basket yang kemudian menjadi inspirasi banyak orang di bidang olahraga lain, bahkan ke orang-orang yang bidangnya tidak berhubungan dengan olahraga. Salah satu quotes MJ yang mengena itu secara garis besar, "saya sering gagal, tetapi kegagalan tersebut yang membuat saya sukses".

Saya lupa detail dari kata-kata MJ, tetapi semua orang tentu lihat bagaimana His Airness melakukan slam dunk, jump shoot, dan three points shoot yang luar biasa. Bahkan tembakan-tembakannya banyak yang menjadi penentu kemenangan timnya di detik-detik akhir pertandingan.

Orang juga tidak akan lupa dengan gelar Most Valuable Player (MVP) yang dia raih sebanyak 6 buah sekaligus memberikan gelar juara 6 kali untuk timnya Chicago Bulls. Salah satu legenda hidup NBA, Larry Bird pernah berkata ketika timnya Boston Celtics berhadapan dengan Chicago Bulls, "Malam ini Tuhan berada disini dalam wujud Michael Jordan".

Bisa terbayangkan betapa luar biasanya seorang MJ? Pujian Larry Bird kepada MJ ketika saat itu MJ masih merupakan seorang rookie (pemain debutan) di NBA. Tetapi dibalik prestasi emasnya itu, MJ sendiri yang mengatakan dari ribuan angka yang dia cetak, dia juga melakukan ratusan tembakan yang meleset, bahkan total tembakan bebasnya yang meleset juga mencapai ratusan. Mungkin karena itulah dia mengatakan, "saya sering gagal, tetapi kegagalan tersebut yang membuat saya sukses".

Michael Jordan adalah idola saya sejak saya masih SD. Bulls juara 3 kali berturut-turut pada tahun 1991, 1992, 1993. Saat itu saya masih SD. Kemudian secara mengejutkan MJ memutuskan untuk pensiun. Dan pada tahun selanjutnya Bulls tidak pernah juara lagi. MJ kemudian memutuskan kembali bermain basket pada tahun 1995. Bulls melaju ke playoff tapi tidak juara. Selanjutnya Bulls menjadi juara masih dengan MJ sebagai motornya pada tahun 1996, 1997, dan 1998.

Luar biasa? Tentu saja, tetapi MJ sering mengalami kegagalan bahkan di saat masa keemasannya. Ketika semua berharap padanya, tidak selalu dia berhasil kadang dia berhasil dan kadang dia gagal. Kegagalan yang dialaminya justru memacu dirinya untuk menjadi lebih baik dengan salah satunya menambah porsi latihan, walaupun coach tidak memintanya.

Saya teringat kembali kata - kata dari pasangan saya yang bilang untuk menemukan passion kita itu memang ga mudah, karena itu kita tidak boleh berdiam diri, terbuka akan segala hal dan tidak terlalu cepat-cepat menilai sesuatu.

Apa hubungannya dengan MJ? Sebelumnya saya merasa hidup saya ga ada manfaatnya dan merasa malu dengan diri saya sendiri karena diumur yang sudah tidak muda lagi, saya merasa tidak punya manfaat dan tidak dapat membanggakan orang tua saya. Tetapi pasangan saya membesarkan hati saya dan terus menyemangati saya untuk tidak menyerah. Dan saya kemudian teringat akan kisah Michael Jordan. Karena itulah saat ini selain kewajiban mengerjakan thesis, saya mulai mencari - cari apa kegiatan yang bisa menjadi passion saya. Saya mulai mencoba untuk bersepeda, memasak, dan mencoba kembali menulis blog yang merupakan kegiatan yang telah lama tidak saya lakukan.

No comments: